BiotechCorner Maret 2021: Sosialisasi Alur Skripsi dan Payung Penelitian Dosen Seri I

BiotechCorner merupakan acara rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Prodi Bioteknologi FMIPA UM untuk meningkatkan keakraban antara dosen dan mahasiswa serta memberikan informasi-informasi penting kepada mahasiswa terkait aktivitas yang mendukung perkuliahan. Pada edisi Maret 2021, BiotecCorner dilakukan dalam rangka Sosialisasi Alur Pembimbingan Skripsi dan Sosialisasi Payung Riset Topik KBK Bioteknologi Kesehatan, Industri dan Lingkungan Seri I.

Dr. Evi Susanti, M.Si selaku Koordinator Prodi Bioteknologi memberikan pemaparan kepada mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 mengenai alur pembimbingan skripsi. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mahasiswa dapat mempersiapkan diri sejak dini untuk mulai mendesain kegiatan skripsi yang akan dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Pembimbingan skripsi Prodi S1 Bioteknologi UM didesain mulai dari penjaringan minat mahasiswa terhadap topik riset dosen pada semester 4. Kemudian pada semester 5 mahasiswa diperbolehkan untuk magang bersama dosen yang dipilih untuk dapat menghasilkan proposal skripsi. Pada semester 6 mahasiswa melakukan penelitiannya dan melakukan seminar kemajuan penelitian atas persetujuan dosen pembimbing. Dengan demikian untuk mahasiswa yang aktif diharapkan dapat menyelesaikan masa studinya selama 3,5 tahun.

Bagian kedua dari acara BiotecChorner bulan ini adalah penjelasan payung penelitian beberapa dosen prodi Bioteknologi UM. Dwi Listyorini, D.Sc memaparkan beberapa payung penelitian yang dikembangkan (Topik KBK Kesehatan)  terkait dengan Animal Development, Cancer Regulation, Mitochondrial Genome Project for Genetic Conservation, Rice Biotechnology, dan COVID-19 Genome and Protein. Kennis Rozana, S.Pd, M.Si mengangkat tema penilitian bidang lingkungan dengan tema Microbial Enhanced Oil Recovery (MEOR), Eksplorasi Bioremediasi Mikroplastik dan Biotreatment Limbah Masker Medis Pasca Pandemi COVID-19. Pada kesempatan terkahir, Dr. Norman Yoshi Haryono memberikan penjelasan mengenai tema penelitian yang dikembangkan yakni Eksplorasi Enzim Laktamase sebagai Pendegradasi Antibiotik pada Susu dan juga Analisis Halal Bahan Pangan Berbasis Teknik PCR. Dengan Rangkaian sosialisasi penelitian dosen ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk menggali minat yang dimiliki untuk penelitian tugas akhir nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID