TIM BIOTEKNOLOGI UM BERSAING DALAM BABAK FINAL LKTI NASIONAL “SEMAR COMPETITION FILM” 2024

Mahasiswa program studi S1 Bioteknologi melalui tim Antibiogenius yang beranggotakan Rahmalia Ayunin, Teresa Godeliva Giantana, dan Najla Aulia Arief berhasil melaju ke babak final Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional SEMAR Competition FILM 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh UKM Penelitian dan Penalaran Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam rangka memeriahkan acara Dies Natalis UNS ke-47. Dibawah bimbingan Dr. Muh Ade Artasasta, S.Si., M.Si., tim Antibiogenius mengusung judul “Potensi Senyawa Antibakteri Dari Jamur Endofit Aspergillus Dalam Mengatasi Resistensi MRSA: Sistematika Review Dan Kajian Secara In Silico” dengan komitmen untuk mendukung terwujudnya SDGs nomor 3 mengenai kesehatan yang baik dan kesejahteraan.

Kegiatan diawali dengan Welcoming Party yang diselenggarakan di Ruang Sidang Umum Gedung 3 lantai 2 Fakultas Teknik UNS pada hari Kamis, 7 Maret 2024 pukul 20.00 WIB. Pada kegiatan ini, finalis dihimbau untuk membawa makanan khas dari daerah universitas masing-masing untuk dihidangkan dan dikonsumsi bersama. Welcoming Party dibuka dengan sambutan dari Muhammad Parhan selaku ketua pelaksana rangkaian kegiatan FILM 2024 dan dilanjutkan dengan ice breaking, makan malam, dan pengecekan file PPT yang telah dikirimkan ke panitia penyelenggara.

Presentasi finalis cabang LKTIN dilaksanakan pada hari ke-2 di Ruang Werkudara Gedung UPT Perpustakaan UNS lantai 2 mulai pukul 09.00 WIB. Setiap finalis diberikan waktu selama 28 menit dengan alokasi waktu 3 menit persiapan, 10 menit presentasi, dan 15 menit tanya jawab dengan dewan juri. Sebanyak 10 tim yang berasal dari berbagai universitas meliputi Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Dipenogoro, Universitas Negeri Medan, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada memaparkan inovasinya dengan antusias di hadapan dewan juri. Dewan juri dalam kegiatan ini merupakan pakar dalam berbagai bidang, yakni Dr. Ir. Miftahul Anwar, S.Si., M.Eng. dengan bidang keilmuan teknologi perangkat nano; apt. Ave Rahma, S.Farm dengan bidang keilmuan industri farmasi dan obat-obatan herbal khusunya untuk pengobatan kanker; serta Ferdiyan Ahya Al Putra, S.Sos., MA dengan bidang keilmuan sosial politik dan hubungan internasional.

 

Presentasi dari tim Antibiogenius

Kegiatan dilanjutkan dengan Expo Karya pada hari ke-3 di halaman Gedung 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Pada kegiatan ini, setiap finalis diberikan stand untuk mendemonstrasikan inovasinya di depan juri dan pengunjung yang didominasi oleh siswa SMA. Finalis diwajibkan membawa poster berukuran A3 serta prototipe pendukung.  Dari sini akan dipilih stand expo terbaik berdasarkan jumlah stiker yang diperoleh dari pengunjung. Bobot penilaian expo dari dewan juri sebesar 10% dari total penilaian.

Kegiatan dilanjutkan dengan Gala Dinner di Convention Hall UNS Inn pada pukul 18.30 WIB. Acara diawali dengan pembukaan dari ketua UKM Penelitian dan Penalaran UNS dan ketua pelaksana FILM 2024. Dilanjutkan dengan penampilan dari pihak penyelenggara dan makan malam. Setelah makan malam, dilakukan pembagian sertifikat kepada seluruh finalis, pengumuman pemenang, serta sesi dokumentasi. Meskipun tim Antibiogenius belum berhasil membawa pulang gelar juara, namun rangkaian kegiatan FILM 2024 berhasil memberikan pengetahuan dan pengalaman baru serta menjadi ajang untuk menjalin relasi antar universitas dari seluruh Indonesia. Selain itu, tim Antibiogenius telah berhasil menjadi satu-satunya delegasi dari Universitas Negeri Malang yang lolos 10 besar pada ajang ini.

Rangkaian kegiatan FILM 2024 ditutup dengan field trip pada hari Minggu, 10 Maret 2024. Seluruh finalis diajak mengelilingi kota Surakarta menggunakan bus tingkat Werkudara. Para finalis juga diajak berkunjung ke beberapa tempat meliputi toko oleh-oleh, Rumah Dinas Walikota Solo (Loji Gandrung), Balaikota Surakarta, dan kemudian kembali ke UNS. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan finalis dipersilakan untuk kembali ke kota masing-masing.

id_ID