BiotechCorner Desember 2020: Soft Launching HMP, Sosialisasi Transfer Kredit, dan Sosialisasi Pengajuan PKM 2021

BiotechCorner Desember 2020: Soft Launching HMP, Sosialisasi Transfer Kredit, dan Sosialisasi Pengajuan PKM 2021

BiotechCorner merupakan acara rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Prodi Bioteknologi FMIPA UM untuk meningkatkan keakraban antara dosen dan mahasiswa serta memberikan informasi-informasi penting kepada mahasiswa terkait aktivitas yang mendukung perkuliahan. Pada edisi Desember 2020, BiotecCorner dilakukan dalam rangka Soft Launching HMP, sosialisasi transfer kredit, dan juga pendampingan pengajuan proposal PKM tahun 2021.

Indra Kurniawan Saputra, S.Si, M.Si selaku dosen Pembina HMP (sampai Januari 2021) pada kesempatan ini memperkenalkan organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Bioteknologi yang diberinama GENOM. HMP Genom dibentuk sebagai wadah dan sarana mahasiswa prodi Bioteknologi untuk mengaktualisasi diri dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada mahasiswa dan sejalan dengan visi dan misi Prodi Bioteknologi. Melalui pembentukan HMP ini diharapkan mahasiswa Prodi Bioteknologi dapat berkontribusi dalam kegiatan tidak hanya bidang akademik tetapi bidang-bidang lain seperti wirausaha, kemanusiaan, dan pengembangan minat dan bakat. HMP GENOM memiliki struktur organisasi yang melibatkan gabungan mahasiswa angkatan 2019 dan 2020.

Pada acara yang dilaksanakan secara virtual ini, Korprodi Bioteknologi Dr. Evi Susanti, M.Si turut menyampaikan perihal Transfer Kredit. Transfer Kredit merupakan salah satu wujud pelaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM menjadi terobosan baru yang dicanangkan Kemendikbud untuk mendorong mahasiswa secara bebas menentukan pelaksanakan perkuliahan sesuai kebutuhan tiap-tiap peserta didik. Kegiatan MBKM juga dapat meningkatkan kerjasama antara universitas atau dengan DUDI, dimana mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat memperoleh kredit perkulaiahan sesuai bidang kegiatan yang relevan.

Selain itu, Dr. Evi Susanti, M.Si juga memberikan penjelasan mengenai pengajuan PKM untuk didanai tahun 2021. Hal tersebut dimaksudkan untuk memotivasi mahasiswa dalam mewujudkan gagasan yang dimiliki untuk mengatasi masalah yang ada di sekitar. Selain itu, keterlibatan mahasiswa pada kegiatan PKM juga menjadi nilai tambah bagi prodi yang baru berdiri pada tahun 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID