BiotechCorner Januari 2021: Kompetisi Mahasiswa dan Sosialisasi Magang dan Penelitian di Luar Kampus

BiotechCorner merupakan acara rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Prodi Bioteknologi FMIPA UM untuk meningkatkan keakraban antara dosen dan mahasiswa serta memberikan informasi-informasi penting kepada mahasiswa terkait aktivitas yang mendukung perkuliahan. Pada edisi Januari 2021, BiotecCorner dilakukan dalam rangka penjabaran kompetisi mahasiswa tingkat nasional dan internasional yang diakui Badan Prestasi Nasional serta sosialisasi magang di luar kampus dalam rangka MBKM.

Topik pertama mengenai kompetisi mahasiswa tingkat nasional dan internasional dijabarkan oleh Dosen Prodi Bioteknologi sekaligus Staf Ahli WR 3 UM yakni Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. Beliau menjelaskan ragam kompetisi yang dapat diikuti mahasiswa prodi Biotek sebagai ajang unjuk gigi dan memotivasi mahasiswa untuk tidak takut bersaing baik dalam kancah nasional maupun internasional. Hal tersebut sejalan dengan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yang mendorong mahasiswa untuk memiliki prestasi di luar kampus. Selain kompetisi yang bernuansa perlombaan, Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D. juga menjelaskan terkait aktivitas non lomba yang dapat diikuti mahasiswa seperti kegiatan kewirausahaan, pertukaran mahasiswa, dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Topik kedua yang disampaikan oleh Dr. Norman Yoshi Haryono, S.Si adalah terkait kegiatan magang kerja di DUDI dan penelitian di luar UM. Hal tersebut menjadi penting bagi mahasiswa dikarenakan kegiatan mahasiswa diluar kampus menjadi salah satu kriteria keberhasilan pengembangan mahasiswa terutama sebagai salah satu Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Pada topik ini dijelaskan secara rinci mekanisme yang dapat ditempuh mahasiswa jika ingin melakukan magang atau penelitian di luar kampus. Dengan demikian mahasiswa sudah sejak awal dapat menyusun dan merencanakan kegiatan perkuliahan di semester yang akan datang dengan arahan dan panduan dari Dosen Penasihat Akademik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID