Assesmen Lapangan (AL) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Untuk Program Studi S1 Bioteknologi FMIPA UM

Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan assesmen lapangan untuk Prodi S1 Bioteknologi FMIPA UM dari tanggal 24-25 Juni 2022. Sebelumnya prodi S1 Bioteknologi FMIPA UM  telah mengajukan berkas pengajuan akreditasi pada Juli 2021. Berkas pengajuan akreditasi ini berupa LED (Lembar Evaluasi Diri) dan LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) pada TS-2 (2019), TS-1 (2020) dan TS (2021).

Kegiatan berlangsung selama dua hari, di mana hari pertama dilaksanakan sesi tanya jawab dengan pimpinan pengelola program studi atau UPPS, FMIPA UM, berkaitan tentang konfirmasi pengembangan UPPS, sistem tatapamong, sistem pengelolaan,  capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan program studi yang diakreditasi. Selanjutnya sesi dengan tim borang berkaitan tentang konfirmasi data LKPS, lalu dilanjutkan sesi dengan pelaksana penjamin mutu internal. Sesi selanjutnya dengan stakeholder pengguna lulusan bioteknologi untuk mengkonfirmasi keterlibatan mereka terhadap penyusuanan kurikulum prodi.  Sesi ke lima merupakan sesi tanya jawab dengan tim borang bersama dosen DTPS PSBiot. Hari pertama berakhir dengan sesi tanya jawab bersama tenaga kependidikan yang mengkonfirmasi mengenai kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan.

Hari kedua tim asesor BAN-PT melakukan sesi tanya jawab dengan mahasiswa berkaitan untuk mengkonfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa PSBiot. Rangkaian acara assesmen lapangan ini, ditutup dengan penyampaian feedback dan penandatangan Berita Acara.

Dr. Evi Susanti, M.Si selaku koorprodi berharap, prodi S1 bioteknologi memperoleh nilai maksimal sebagai prodi baru sehingga dapat meluluskan mahasiswa angkatan pertamanya tepat waktu dan memiliki daya saing yang lebih baik.

 

id_ID