SEMARAKKAN RAMADAN, HMP GENOM BIOTEKNOLOGI UM MENGADAKAN Bioteknologi Sharing in Ramadan “Sharing Session: Pentingnya Nilai-nilai Toleransi” di Panti Asuhan Malang

HMP GENOM Program Studi Bioteknologi Departemen Sains Terapan FMIPA Universitas Negeri Malang telah melaksanakan kegiatan Biotechnology Sharing in Ramadan (BASMA) 2024 yang merupakan program kegiatan tahunan dari  HMPS Bioteknologi Genom. Kegiatan ini mengusung tema “Meningkatkan Kepedulian dan Kebersamaan Melalui Sajian Sehat Bergizi dalam Semarak Ramadan” yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Kegiatan ini juga berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDGs ke 2: Mengakhiri Kelaparan, sehingga BASMA 2024 merupakan jenis program layanan dan pembinaan kesejahteraan. Kegiatan BASMA 2024 dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Maret 2024 secara luring/tatap muka di Pondok Anak Yatim dan Dhuafa Abdul Kadir Kurnia yang dihadiri oleh 18 anak yatim dan dhuafa, Dosen Pendamping dan Ketua Umum HMPS Bioteknologi Genom.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan penyampaian materi tentang pentingnya gizi seimbang selama berpuasa. Dalam kegiatan ini pula anak-anak diberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga sikap toleransi beragama selama bulan Ramadan. Antusiasme anak-anak terlihat jelas saat mengikuti materi dan quiz berhadiah. HMPS Bioteknologi Genom juga menunjukkan rasa peduli dengan menyerahkan donasi dan vandel kepada panti. Puncak acara adalah buka bersama dengan hidangan sehat dan bergizi, dan diakhiri dengan membersihkan tempat panti asuhan bersama.

 

Berbuka Bersama

Biotechnology Sharing in Ramadan (BASMA) 2024 bukan hanya memberikan manfaat bagi anak-anak yatim dan dhuafa, tetapi juga bagi para mahasiswa yang terlibat. Mereka belajar tentang arti kepedulian dan berbagi, serta mendapatkan pengalaman berharga dalam membantu orang lain. Dengan menggabungkan berbagai elemen positif tersebut, BASMA diharapkan dapat memberikan manfaat yang berharga bagi anak-anak panti asuhan, baik dalam hal pengetahuan, rasa syukur, kepedulian, maupun kebahagiaan di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Kegiatan BASMA 2024 telah berlangsung dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala dalam prosesnya. Dengan dilaksanakan BASMA 2024, diharapkan dapat memberi pembekalan mengenai kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya gizi seimbang selama berpuasa di bulan Ramadan, serta meningkatkan rasa kepedulian dan menjalin kekeluargaan antar panitia.

en_GB